Hati-Hati dengan Pemberian Hadiah atau Penawaran dari Produk Apapun

 on Thursday, July 30, 2015  

Hati-Hati dengan Pemberian Hadiah atau Penawaran dari Produk Apapun - Dari beberapa komentar teman-teman pembaca blog Rinoto Jowo ini pada salah satu postingan yang berjudul Kupon Hadiah Mobil dari Kopi Torabika, saya menjadi sangat prihatin, ternyata masih banyak dan bahkan semakin bertambah, orang-orang yang ingin mencari keuntungan dengan jalan merugikan orang lain, yaitu dengan cara menipu.

Oleh karena itu, saya berpesan kepada siapa saja agar lebih berhati-hati terhadap semua jenis dan bentuk pemberian hadiah, penawaran menguntungkan, dan segala bentuk iming-iming.

Para penipu selalu mencari celah agar bisa mendapatkan mangsanya. Terkadang dengan cara yang sangat halus, sehingga terkesan meyakinkan.

Hadiah, penawaran, dan iming-iming apapun yang kita terima, sebaiknya kita cermati, kita telusuri, kita cari informasinya secara lengkap agar terhindar dari penipuan.

Hati-Hati dengan Pemberian Hadiah atau Penawaran dari Produk Apapun

Berikut ini mungkin beberapa tips yang bisa kita lakukan jika mendapatkan hal-hal semacam tersebut di atas:
  1. Segera dan jangan malu untuk bertanya kepada kerabat atau saudara.
  2. Juga tanyakan kepada teman-teman tentang hal tersebut.
  3. Selain itu, gunakan internet untuk mencari informasi lebih lanjut dan lengkap.
  4. Jangan mudah heran dan tergiur dengan penawaran apapun.
Program pemberian hadiah oleh suatu produk, biasanya akan disosialisasikan atau diiklankan oleh perusahaan, baik melalui toko-toko, kemasan produk, maupun media elektronik seperti radio dan televisi, sehingga kita sudah bisa memahami, bahwa hadiah atau penawaran yang kita terima itu penipuan atau bukan.

Satu hal lagi yang juga sering saya terima adalah dalam bentuk SMS.

Bermacam-macam jenis SMS yang memberikan hadiah. Biasanya mereka menuntun kita untuk membuka sebuah blog di internet.

Saya sendiri termasuk korban mas, meskipun bukan uang. Ceritanya begini:

Saya mendapat pesan dari teman di FB, bahwa foto saya dan keluarga dipajang pada sebuah blog. Di sana ditulis bahwa saya dan keluarga mendapat hadiah dari Undian M-Kios Tahap III.

Segera saya cek ke blog tersebut. Saya kaget, karena memang foto saya bersama keluarga terpampang di sana hingga saya menulis artikel ini.
 
Hati-Hati dengan Pemberian Hadiah atau Penawaran dari Produk Apapun

Di bawah foto ditulis begini:
 
"Ibu Sri Wahyuni & Bpk M.Jafar TANGERANG Comment... Waktu saya telpon Marketing office PT.M-KIOS 082311478835, di hati saya ada sedikit keraguan. tapi setelah saya ikuti semua prosedur pengirimannya, mulai dari pembayaran Biaya Administrasi Pembelian Voucher isi ulang sebesar 300Rb untuk mengaktifkan kode verifikasi & Biaya Lainnya. kini dananya sudah ditangan saya. Salam seribu jempol buat Bpk. H.Indra Utoyo di PT.M-KIOS."

Padahal nama saya bukan M. Jafar dan nama istri saya bukan Sri Wahyuni.
Nama saya Rinoto dan istri saya Siti Mahmudah
Alamat saya Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Jawa Tengah sedang di sana tertulis Tangerang.

Sungguh penipuan besar, mudah-mudahan mereka insaf dan diampuni segala dosanya.

Lebih tragisnya lagi, menurut teman FB saya tersebut, di Desa Banjareja Kecamatan Puring Kebumen sudah ada yang tertipu dengan mentransfer uang hingga 11 juta rupiah, kasihan sekali.

Dari uraian di atas, saya berpesan kepada semua pembaca yang budiman agar lebih hati-hati terhadap segala bentuk penawaran hadiah.

Semoga kita terhindar dari segala macam penipuan dan bahaya, Amiin.
Hati-Hati dengan Pemberian Hadiah atau Penawaran dari Produk Apapun 4.5 5 Unknown Thursday, July 30, 2015 Hati-Hati dengan Pemberian Hadiah atau Penawaran dari Produk Apapun - Dari beberapa komentar teman-teman pembaca blog Rinoto Jowo ini pada ...


No comments:

Post a Comment