Budidaya Sayuran Organik Sistem Bedengan di Pekarangan Rumah

 on Sunday, August 21, 2016  

Rinoto Jowo - Budidaya Sayuran Organik Sistem Bedengan di Pekarangan Rumah - Sayuran organik kian dicari konsumen seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakan akan kesehatan diri dan keluarga, terutama dalam hal pangan.

Sayuran adalah bahan makanan yang seolah wajib ada setiap hari di setiap rumah, oleh karena itu konsumsi akan bahan pangan yang satu ini sangat tinggi.

Setiap pagi sayuran di pasar, baik pasar tradisional, maupun pasar modern, seperti mall dan super market laris manis.

Untuk mendapatkan sayuran organik di pasar sangatlah susah, karena rata-rata para petani dan pekebun sayuran menggunakan pupuk dan obat-obatan sintesis atau kimia.

Salah satu jalan yang paling mudah untuk mendapatkan sayuran yang tidak mengandung residu kimia adalah dengan menanam sendiri sayuran di halaman dan pekarangan rumah.

Budidaya sayuran organik di pekarangan kita awali dengan melakukan persemaian benih. Persemaian bisa dilakukan langsung di tanah dengan dibuat bedengan atau dalam pot.


Untuk memulai bercocok tanam sayuran, sebaiknya pilih yang mudah ditanam dan waktu panen yang singkat, contohnya adalah caisim dan bayam.

Setelah benih kita semai, kemudian bibit sayuran kita pindahkan ke tempat penanaman yang bisa berupa pot, kaleng bekas, polybag, ataupun karung bekas.


Budidaya sayuran organik dalam wadah, dilakukan untuk mengatasi sempitnya lahan pertanian, terutama di perkotaan. Jadi lahan yang sempit bukan alasan untuk tidak menanam sayuran.


Namun bagi mereka yang memiliki lahan pekarangan di sekitar rumah, bisa melakukan budidaya sayuran organik secara bedengan, yaitu membuat gundukan tanah memanjang dengan ukuran tinggi 30 cm x lebar 100 cm x panjang menyesuaikan tempat.


Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan melakukan penanaman sayuran di pekarangan, yaitu:
  1. Memenuhi kebutuhan sendiri akan sayuran yang sehat bebas dari bahan kimia berbahaya.
  2. Lahan kosong jadi termanfaatkan.
  3. Lingkungan rumah jadi asri dan indah
  4. Udara jadi sejuk dan segar karena banyak tanaman di sekeliling rumah.
  5. Sebagai tempat rekreasi keluarga yang murah meriah.
  6. dan masih banyak keuntungan lainnya.
Dengan menanam sayuran, kita sudah turut melestarikan lingkungan hidup dan menyediakan oksigen bagi manusia.

Demikian Budidaya Sayuran Organik Sistem Bedengan di Pekarangan Rumah, selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Budidaya Sayuran Organik Sistem Bedengan di Pekarangan Rumah 4.5 5 Unknown Sunday, August 21, 2016 Rinoto Jowo - Budidaya Sayuran Organik Sistem Bedengan di Pekarangan Rumah - Sayuran organik kian dicari konsumen seiring dengan meningkatn...


No comments:

Post a Comment